Kiat Ampuh Meningkatkan Engagement di Media Digital

 Kiat Ampuh Meningkatkan Engagement di Media Digital

Kini, perkembangan media di sosial media semakin masif dan progresif. Berbagai tren yang ada berkembang begitu pesat di saat ini.  Sosial media misalnya, menjadi sarana untuk mempromosikan berbagai konten yang ada secara digital, untuk disebarluaskan kepada audiens yang dituju sesuai promosi yang ada.

Dalam hal ini, untuk meningkatkan suatu interaksi yang tinggi terhadap sebuah konten maka dibutuhkan adanya engagement.

Apa Itu Engagement?

Engagement merupakan bagian komponen yang tidak dapat terlepaskan dari promosi secara digital. 

Dengan kata lain, engagement adalah interaksi para pengguna di konten yang diunggah di sosial media, hal ini mencakup viewers, like, comment, repost  dan saved. 

Komponen engagement ini dapat menjadi sebuah tolak ukur untuk melihat perkembangan branding, campaign dan aktivasi yang ada.

Semakin tinggi angka engagement yang dihasilkan oleh viewers, like, comment, repost  dan saved maka hal ini dapat membantu untuk semakin tersebarluaskan bagi audiens dan pelanggan yang ada.

Tentunya hal ini memiliki kaitan erat dengan majunya sebuah bisnis dan meningkatnya angka pelanggan dalam promosi digital.

Hal ini dikarenakan engagement yang tinggi menjadi pertanda bahwa sebuah perusahaan memiliki branding yang baik dan maksimal di dunia digital.

Jadi, apa saja kiat dan langkah untuk meningkatkan engagement yang baik dan benar? Simak disini langkah-langkahnya yuk!

Ingat, Gunakan Visual yang Baik

Tak melulu soal konten yang berkualitas, namun gambar yang mendukung juga dapat memudahkan pembaca untuk memahami visualisasi konten yang lebih baik.

Kamu dapat menggunakan gambar yang sesuai, yang tentunya memiliki ikatan emosional dan terkait dengan tulisanmu sehingga menarik minat pembaca, kamu juga dapat menggunakan gambar yang memiliki unsur estetika agar dapat lebih nyaman dipandang.

Perhatikan Jadwal Up & Posting Konten

Waktu dalam mengunggah menjadi hal yang penting, tentunya tidak boleh terlewatkan.

Perhatikan jam-jam posting yang sesuai, saat ini terdapat jam-jam posting tertentu yang akurat, untuk mendapatkan jumlah engagement lebih banyak.

Misalnya sewaktu jam pulang kerja, lalu hari libur, dsb nya. Hal ini akan menarik minat audiens yang lebih banyak lagi, dikarenakan di jam dan waktu tertentu, besar kemungkinan audiens akan meluangkan lebih banyak waktunya pada sosial media. Sehingga, peluang konten untuk disukai akan semakin besar.

Aktif Dalam Mengunggah Konten

Sangat penting bagi kamu untuk terus menerus aktif mengunggah konten secara efisien. Hal ini akan berdampak audiens akan semakin sering melihat konten yang kamu buat. Sehingga keberadaan brand dan konten kamu semakin dikenali dan juga populer.

Namun pastikan juga kamu dapat membuat konten menarik sesuai audiens yang kamu tuju. Kamu dapat melakukan riset lebih dahulu mengenai tren dan jenis-jenis konten apa saja yang sedang digemari dengan menambahkan ciri khas sesuai produk yang kamu miliki.

Jika makin sesuai konten yang kamu buat dengan audiens yang kamu tuju, maka semakin besar pula kemungkinan konten dan brand kamu semakin dikenali dan memiliki engagement yang tinggi.

Nah jadi tips di atas adalah berbagai langkah yang dapat kamu coba untuk memaksimalkan konten kamu, jadi kamu sudah mencobanya belum?