Perlukah Admin Sosial Media Untuk Bisnismu?

 Perlukah Admin Sosial Media  Untuk Bisnismu?

Admin sosial media adalah seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk mengelola dan memantau akun media sosial suatu organisasi atau perusahaan. 

Saat ini, hampir setiap bisnis memiliki akun media sosial. Semua berbondong-bondong untuk membuat konten yang semenarik mungkin demi mencuri perhatian calon pasar yang ditargetkan. Hanya saja konten yang menarik rupanya tidaklah cukup, dibutuhkan suatu pemeliharaan interaksi karena pada dasarnya sosial media itu bisa hidup dari interaksi. Namanya juga media untuk bersosial, sudah pasti interaksi menjadi lebih penting jika dibandingkan konten itu sendiri. Di sinilah dibutuhkan peran admin sosial media.

Peran Admin Sosial Media

Sebelum menjawab apakah perlu admin sosial media untuk bisnismu, kita perlu mempelajari apa saja peran atau manfaat apa saja yang didapatkan ketika akun sosial media memiliki seorang admin. Pekerjaan admin sosial media sering kali dianggap remeh karena dianggap tugasnya hanya sekadar memposting. Padahal tugas dari seorang admin sosial media itu lebih dari sekadar posting.

1. Merancang dan Menjadwalkan Konten untuk Ditayangkan

Biasanya membuat konten sosial media itu adalah tugas seorang content writer, tetapi tidak jarang tugas ini menjadi satu paket dengan admin sosial media. Maka dari itu hal yang bisa dilakukan admin sosial media bisa dimulai dari mulai melakukan riset tentang konten, mempersiapkan gambar atau video, melakukan proses editing, hingga membuat caption atau deskripsi terkait konten tersebut.

Tentunya setelah konten jadi, admin sosial media bertugas menjadwalkan konten yang akan ditayangkan atau diposting. Tujuannya agar akun sosial media bisnismu terlihat memiliki konten yang konsisten. Selain itu, penjadwalan konten dibutuhkan untuk melihat waktu posting dan momen yang tepat agar mendapatkan impression dan engagement yang lebih baik lagi secara organik.

2. Menjaga Interaksi dengan Followers

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dasar dari sosial media adalah bersosial alias berinteraksi atau berkomunikasi. Maka salah satu peran penting admin sosial media adalah menjaga hal tersebut dengan cara menjawab semua pertanyaan atau respon dari audiens baik di kolom komentar maupun di direct message, mengedukasi audiens mengenai produk yang dimiliki demi meminimalisir kekeliruan atau salah persepsi, memberikan informasi tentang produk, mengapresiasi audiens, sampai menangani komplain.

Dari interaksi ini dapat menghasilkan dampak positif seperti konversi dan lainnya. Intinya admin sosial media itu merupakan garda depan dari segala komunikasi yang ingin perusahaanmu sampaikan ke publik. Biasanya beberapa perusahaan membuat “persona” yang dimainkan oleh admin sosial media sehingga tidak terkesan baku atau serupa dengan Customer Service (CS).

3. Menggali Insight dan Membuat Laporan Jika Diperlukan

Biasanya sebuah insight dapat digali melalui interaksi. Insight yang didapat pun bermacam-macam, mulai dari behaviour audiens sampai apa yang dipikirkan audiens mengenai produk bisnismu. Sehingga bisnismu akan semakin relate dengan target pasar. Jika diperlukan, salah satu tugas admin sosial media adalah membuat laporan terkait dengan insight yang mereka dapat. Laporan disini biasanya berupa data peningkatan followers, demografi, sampai engagement setiap kontennya. Laporan ini yang nantinya menjadi acuan untuk improvement konten yang lebih baik lagi. 

Sekarang kembali ke pertanyaan awal, perlukah admin sosial media untuk bisnismu? Jika jawabannya perlu, maka sudah saatnya kamu mencari admin sosial media yang dapat dipercaya memegang kerahasiaan password akun bisnismu. Tentu kriteria ini cukup ketat kan? Bila sulit menemukannya, kamu bisa kontak MicroAd Indonesia loh. Kami akan membantu mengelola akun sosial media bisnismu dengan admin yang terpercaya!