Produktif di Dunia Kerja Dengan Changing Management

 Produktif di Dunia Kerja Dengan Changing Management

Dalam sebuah perusahaan, pastinya memiliki visi dan misi tersendiri yang ingin dicapai. Terdapat berbagai faktor pendukung agar visi misi dapat tercapai, mulai dari faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yakni kondisi perekonomian yang ada, daya dukung beli masyarakat, dsb nya. Sedangkan faktor internal yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada. Dengan adanya hal ini, meningkatkan produktivitas kerja tentunya tidak hanya sekedar dapat membantu dapat meraih keinginan dan mewujudkan cita-cita perusahaan yang ada, namun juga dapat membantu seorang pekerja untuk mendapatkan keuntungan personal seperti hasil yang maksimal dalam bekerja, seperti mendapatkan promosi ataupun tunjangan yang berlebih.

Tentunya hal ini yang menjadi tujuan utama dari para pekerja yang sedang bekerja di sebuah perusahaan. Dengan adanya berbagai keuntungan yang didapatkan para pekerja, hal ini dapat membantu meningkatkan loyalitas pekerja. Selain itu juga dapat menjadi faktor pendukung untuk membuat pekerja merasa nyaman sehingga dapat membantu meningkatkan mutu kualitas sumber daya para pekerja yang dimiliki oleh perusahaan yang ada.

Saat ini dikenali salah satu metode untuk meningkatkan produktivitas di dunia kerja yang dinamakan changing management.

Changing Management berasal dari kata change yakni perubahan dan management yang memiliki arti pengelolaan. Jadi, dapat dikatakan bahwa change management adalah upaya inovasi dan berubah menuju suatu hal yang memiliki proses lebih lanjut.

Dengan changing management, diharapkan sistem organisasi, perencanaan perusahaan dan kontrol terhadap sumber daya manusia (SDM) yang ada di korporasi perusahaan dapat dikelola dengan lebih baik dan memiliki sistem yang teratur juga progresif. Hal ini dilakukan dalam rangka mencapai tujuan serta visi misi perusahaan yang telah direncanakan agar dapat tercapai secara strategis.

Hal ini didukung oleh pendapat dari Karen Coffman dan Katie Lutes (2007), Manajemen Perubahan yang memaparkan bahwa Changing Management adalah pendekatan terstruktur untuk membantu organisasi dan orang-orang untuk transisi secara konkret dari kondisi saat ini menuju kondisi yang akan datang.

Tidak hanya itu, Changing Management memiliki manfaat lainnya diantaranya sebagai berikut :

  • Meminimalisir kemungkinan perencanaan yang tidak berhasil
  • Efisiensi waktu kerja
  • Membantu mengoptimalkan semua sumber daya yang ada di dalam perusahaan
  • Memantau aktivitas dan laporan kegiatan perusahaan secara efektif dan efisien dalam segi waktu
  • Dengan adanya Changing Management, proses yang direncanakan dapat lebih mudah untuk dikelola. 

Tentunya, berbagai manfaat dari perubahan ini akan dapat diketahui sebelum penerapannya dan dapat berfungsi sebagai motivator untuk mendukung kemajuan yang ingin didapatkan.

Jadi bagaimana, apakah perusahaan mu sudah menerapkan Changing Management?