3 Tren Digital Marketing 2022

 3 Tren Digital Marketing 2022

Saat ini tren marketing di 2022, mulai hadir dengan inovasi yang penuh digitalisasi, tren ini memiliki arti bahwa mayoritas audiens mulai tertarik dengan pemasaran melalui teknologi dan digital. 

Dengan adanya perkembangan tren ini, mengharuskan kita sebagai pemilik brand untuk memahami pemasaran secara digital untuk mendapatkan dan menjangkau  konsumen lebih luas lagi.

Dalam memajukan bisnis, misalnya tidak dapat terlepas dari unsur promosi dan marketing, ini merupakan sebuah kesatuan dari konsep bisnis yang memberikan dampak juga terhadap customer yang dituju.

Sehingga penting bagi para pelaku bisnis untuk mengenali tren digital marketing yang ada. Namun sebelum mengenal lebih jauh penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu digital marketing dan apa manfaatnya secara konkrit.

Apa Itu Digital Marketing & Manfaatnya

Secara konsep, digital marketing adalah merupakan aktivitas promosi dan pemasaran suatu bisnis, jasa atau produk yang dilakukan melalui media digital.

Dengan melakukan promosi merek secara digital, tentunya dapat menjangkau dan juga mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan dengan cara yang lebih efisien dari segi waktu dan tenaga.

Manfaat dari dilaksanakannya aktivitas digital marketing yakni, dapat membidik market dan segmentasi market secara millenial, dimana saat ini dapat dilihat bahwa sebagian besar pelanggan ialah generasi millenial, yang cenderung menghabiskan waktu lebih banyak di media sosial dan internet.

Tidak hanya sekedar itu, namun dengan optimalisasi digital marketing juga dapat menjaga komunikasi yang baik dengan customer.

Melalui media digital marketing, penggunaan sosial media yakni dapat dilakukan selama online sepanjang hari dan 24 jam, dengan sarana ini dapat menjadi pintu bagi pelanggan untuk dapat berinteraksi, memberikan feedback ataupun menanyakan pertanyaan mengenai produk yang kamu miliki. Hubungan timbal balik ini akan membuat customer menjadi loyal terhadap bisnis yang kamu miliki.

Dengan berbagai manfaat yang ada tentunya sangat memudahkan kamu untuk mengembangkan bisnis kamu dengan lebih baik, dan berikut beberapa tren digital marketing yang dapat kamu coba yakni sebagai berikut:

Artificial Intelligence

Ini merupakan metode dan cara baru yang dapat menjadi gerbang dan pintu masuknya teknologi digital yang menawarkan kemudahan.

AI atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan manusia yang dilakukan untuk memudahkan promosi digital, AI dapat dengan mudah diaplikasikan ke SEO (Search Engine Optimization)  promosi media sosial dan sebagainya.

Chatbots

Saat ini, kebutuhan customer untuk berinteraksi dengan seller di internet meningkat tajam.

Sebagai penghubung, chatbots begitu memudahkan pelanggan yang ingin berinteraksi langsung dengan seller atau hanya sekedar menanyakan produk yang ingin dibeli.

Melalui chatbots kamu dapat membantu customer untuk memberikan respon dan menyelesaikan permasalahan mengenai produk yang ada, dikarenakan chatbots dapat menjawab percakapan pelanggan secara manual.

Metaverse

Apakah kamu sudah mengenal Metaverse? Media yang dapat memungkinkan kamu untuk menjelajahi dunia dan sisi lain lewat virtual dalam satu waktu.

Melalui metaverse setiap orang dapat berkumpul, bermain dan bersosialisasi di dunia virtual augmented reality, holografik 3D dan virtual reality.

Dengan metaverse dapat membuat orang dapat menjelajahi tempat dalam satu waktu secara efisien dan merupakan inovasi baru yang dapat menarik konsumen dengan pengalaman yang berbeda secara unik.

Jadi dari berbagai tren digital marketing di atas, yang manakah yang telah kamu coba?