Alasan KOL Marketing Perlu Untuk Bisnismu

 Alasan KOL Marketing Perlu Untuk Bisnismu

Pernah penasaran gak sih bagaimana suatu produk bisnis dibicarakan banyak orang hingga menjadi sebuah trend? Rupanya trend yang beredar saat ini bukanlah sebuah kebetulan, melainkan diciptakan melalui strategi marketing word of mouth. Nah biasanya strategi marketing ini menggunakan Key Opinion Leader atau yang lebih sering disebut KOL dalam penyebarannya.

Apa itu KOL?

Key Opinion Leader (KOL) merupakan seseorang yang memiliki pengaruh atau keahlian yang dipercaya oleh para followersnya. Nah biasanya KOL ini umumnya datang dari kalangan public figure, influencer, atau pakar di suatu bidang khusus. Peran KOL ini menjadi penting karena umumnya orang Indonesia lebih percaya pada rekomendasi atau cerita pengalaman orang lain terutama saat membeli produk. 

Lalu apa pentingnya KOL marketing pada bisnismu?

Kredibilitas Brand

Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang Indonesia lebih mempertimbangkan rekomendasi dari orang lain terutama KOL yang dapat mempengaruhi keputusannya, maka salah satu fungsi yang paling jelas dari KOL Marketing adalah meningkatkan kredibilitas brand bisnismu. Melalui KOL  marketing ini jugalah, rasa percaya audience pada brand-mu perlahan dibangun. Apalagi jika KOL yang dipilih memiliki value yang sama dengan produk bisnismu maka kamu kredibilitas brandmu pun dapat makin meningkat. 

Tak hanya berlaku pada brand atau produk yang sudah lama dikenal, KOL Marketing juga sangat untuk memperkenalkan produk-produk bisnis baru pada banyak orang. Belum bicara sampai konversion, minimal orang-orang sudah mulai familiar dengan nama produkmu melalui KOL Marketing.

Audience Baru

Biasanya KOL yang dipilih dalam strategi bisnis adalah KOL dengan followers yang memiliki kriteria serupa dengan target audience yang ingin kamu jangkau. Sehingga melalui KOL Marketing, potensi mendapatkan audience baru yang belum mengenali produkmu pun semakin besar. Kalau pun KOL yang dipilih tidak memiliki followers yang serupa dengan kriteria audience bisnismu, kamu tetap berpotensi mendapatkan target pasar baru jika followers KOL begitu percaya pada apa yang dikatakan sang KOL. Tak heran KOL Marketing sering disebut juga sebagai Influencer Marketing yang mana fungsinya untuk mempengaruhi calon audience baru.

Menyampaikan Pesan Cepat

Alasan mengapa KOL Marketing sering kali disebut sebagai strategi word of mouth alias “dari mulut ke mulut” adalah cepat menyebarnya pesan ke banyak orang. Word of mouth terbilang strategi marketing yang cukup lama tapi masih digunakan sampai hari ini. Salah satu cara menjalani strategi satu ini adalah menggunakan banyak orang untuk menyebarkannya. 

Nah, keunggulan KOL Marketing itu tidak perlu membutuhkan banyak orang untuk menyebarkan pesan, cukup pilih beberapa KOL dengan followers yang besar dan tepat maka pesan akan tersebar dengan sendirinya. Jika bisnismu memerlukan awareness yang besar, KOL Marketing bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mencapai tujuanmu.

Conversion Rate

Selain awareness, KOL Marketing juga berpotensi meningkatkan keyakinan audience untuk membeli atau menggunakan produk/jasa bisnis yang kamu tawarkan. Tidak sedikit KOL dijadikan Brand Ambassador suatu produk untuk lebih meyakinkan audience terkait produk/jasa yang kamu miliki sehingga audience mau membeli atau menggunakan produk/jasa bisnismu.

Mengatakan bahwa KOL Marketing hanya sekadar endorsement itu sangatlah tidak tepat, pasalnya KOL Marketing dibutuhkan strategi yang matang. Tidak hanya dari pemilihan KOL yang cocok dengan bisnismu, tetapi juga bagaimana cara menyebarkan produkmu dengan lebih meyakinkan di antara banyaknya produk yang berlomba-lomba menggunakan endorsement.

Untuk itu ada baiknya bisnismu mencari KOL Management yang tepat untuk menjalankan campaign marketing bisnismu. MicroAd Indonesia adalah tempat yang cocok untuk kamu hubungi terkait ini. Tidak hanya soal KOL Marketing, tim kami sudah berpengalaman dalam digital marketing jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan strategi digital marketing mana yang cocok untuk bisnismu. Yuk hubungi kami!