Apa Itu Shoppable Content

 Apa Itu Shoppable Content

Dalam menjalankan bisnis, sebagai seller tidak hanya membutuhkan strategi dalam berjualan dan selling yang baik.

Namun, juga diperlukan adanya promosi produk yang baik melalui konten dan tampilan visual yang menarik.

Konten untuk berjualan tentunya berbeda dengan konten-konten digital pada umumnya.

Ketika membuat konten berjualan, tentunya dibutuhkan sisi emosional yang membuat orang secara psikologis tertarik untuk membeli dan melakukan checkout.

Untuk itu, dibutuhkan konten shoppable dalam menangkap peluang customer dalam lingkup yang lebih luas.

Jadi Apa Itu Shoppable Content?

Konten shoppable adalah konten yang sengaja dibuat dan memiliki tujuan tertentu khususnya dalam bisnis.

Shoppable content adalah sebuah konten yang ditampilkan melalui iklan, video, gambar, atau posting media sosial.

Konten ini memungkinkan untuk dapat diklik oleh pelanggan sehingga customer dapat melakukan transaksi dan pembelian secara instan.

Dengan adanya shoppable content tentunya dapat membantu sebuah brand untuk meningkatkan penjualan, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan konversi penjualan.

Jenis-jenis Shoppable Content

Sebuah shoppable konten memiliki varian tertentu yang berbeda antara satu konten dengan konten yang lainnya.

Hal ini tergantung dengan kebutuhan audiens, produk dan industri yang dituju.

Dalam variannya, terdapat empat jenis shoppable konten, yakni sebagai berikut:

Postingan Media Sosial

Penggunaan media sosial adalah platform yang tepat agar konten milik brand mu dapat dikenal lebih luas oleh khalayak umum.

Shoppable konten memungkinkan untuk diunggah melalui berbagai platform media sosial seperti Tiktok, Instagram, Facebook atau Twitter.

Konten yang ada dapat langsung secara direct menampilkan visual gambar dari berbagai sisi, beserta informasi detail produk dan mencantumkan harga.

Setelahnya, konsumen dapat langsung melakukan klik pada tombol keranjang yang tersedia, untuk dapat meneruskan proses transaksi melalui website penjualan atau ecommerce yang tersedia.

Tayangan Video

Konten dalam bentuk video adalah jenis konten yang dapat membuat customer dapat melihat keseluruhan produk secara lebih detail.

Melalui konten video, tidak dapat dipungkiri bahwa konten yang menampilkan produk secara keseluruhan dapat membuat customer lebih tertarik untuk membeli produk mu.

User Generated Content

Konten UGC (User Generated Content) adalah konten dalam bentuk tulisan, video, foto, review, dan lainnya yang dibuat oleh customer.

Dengan adanya konten umpan balik dari customer dapat membuat brand lebih dipercaya oleh customer lainnya.

Hal ini juga dapat meningkatkan ketertarikan bagi calon customer dalam lingkup lainnya yang lebih luas.

Tentunya dengan konten UGC akan meyakinkan customer lebih jauh dan mempengaruhinya untuk dapat membeli produk brand yang kamu miliki.

Ads

Jenis konten lainnya yakni promosi dalam bentuk Ads.

Mungkin kamu sering melihat ads yang bertebaran di media sosial ataupun mesin pencarian.

Konten ads yang ada dapat sampai karena telah disesuaikan dengan audiens yang dituju oleh brand dan produk masing-masing secara spesifik.

Dengan konten Ads yang ada, dapat menarik konsumen untuk mengunjungi dan membeli produk dari brand yang kami miliki.

Jadi bagaimana, sudahkah kamu mencoba trik shoppable content untuk boost profit bisnis brand kamu?