Gamifikasi dalam Dunia HR

 Gamifikasi dalam Dunia HR

Dalam manajemen HRD, pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi aspek penting untuk menciptakan personalia yang berkualitas di dalam sebuah perusahaan.

Terdapat berbagai strategi untuk mewujudkannya, salah satunya melalui gamifikasi.

Saat ini, istilah gamifikasi cukup menjadi tren dan fenomena di kalangan HR.

Telah banyak perusahaan yang menerapkan gamifikasi, dengan gamifikasi manajemen dan optimasi produktivitas karyawan dapat berjalan lebih efisien.

Jadi, Apa itu Gamifikasi?

Gamifikasi yakni adalah proses penerapan aplikasi permainan dalam suatu program aktivitas dalam perusahaan.

Dengan gamifikasi, berbagai program yang ada dibuat untuk lebih menyenangkan, yang dalam mengoptimalkan peningkatan keikutsertaan karyawan, keterlibatan dan kontribusi karyawan dalam berbagai aktivitas perusahaan yang ada.

Melalui gamifikasi, diharapkan dapat juga meningkatkan rasa tertantang, kompetisi dan tertarik untuk mengikuti kegiatan di perusahaan.

Implementasi Pada Gamifikasi 

Dengan gamifikasi, sistem aplikasi permainan digunakan untuk mengasah pola pikir karyawan.

Khususnya dalam membentuk ide-ide baru.

Hal ini bermanfaat dalam pelatihan dan pengembangan SDM. 

Ini merupakan metode baru untuk menggantikan metode tradisional, tiap karyawan akan diminta untuk menyelesaikan masalah dalam beberapa level, melalui Focus Group Discussion, dsb nya.

Tingkat kesulitan akan selalu meningkat untuk memacu tingkat kompetisi bagi karyawan untuk menyelesaikan setiap misi yang ada.

Sistem pembentukan dan perancangan level dikaitkan dan mengacu pada kesulitan dan kendala pekerjaan yang dihadapi oleh karyawan dalam pekerjaan sehari-hari. 

Dengan kegiatan interaktif ini nantinya akan memicu ide kreatif, problem solving dan team work yang baik antar team.

Apa Saja Manfaat Gamifikasi Bagi Perusahaan?

Pada gamifikasi juga memiliki manfaat bagi karyawan dan pengembangan SDM, berikut manfaat yang dapat diperoleh:

Meningkatkan Inovasi & Ide Kreatif

Gamifikasi, melalui pola permainan dapat membentuk pola pikir kreatif.

Hal ini dikarenakan dengan adanya pola permainan dapat memacu tiap orang untuk berpikir out of the box, sehingga hal ini dapat membangun ide-ide fresh dan inovasi.

Optimasi Strategi Bagi Perusahaan

Melalui gamifikasi, dapat membantu memaksimalkan strategi perusahaan.

Dalam gamifikasi, akan memicu bagi karyawan untuk turut ikut serta berdiskusi mengenai permasalahan yang ada dalam bisnis perusahaan, juga memberikan solusi yang adaptif yang dapat diaplikasikan untuk memecahkan masalah pada perusahaan.

Mendekatkan Konsumen dan Perusahaan

Tentunya gamifikasi memiliki manfaat lainnya, yakni untuk lebih dekat khususnya dalam menjangkau konsumen bagi perusahaan.

Gamifikasi dapat membuat aktivitas yang menarik, yang dapat memicu aktivitas untuk menarik minat bagi konsumen.

Sehingga dapat memicu interaksi antara aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk konsumen dapat berpartisipasi.

Nah jadi bagaimana, apakah perusahaan kamu sudah menerapkan sistem gamifikasi?