Istilah-Istilah Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui

 Istilah-Istilah Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui

Di zaman yang serba internet ini, digital marketing menjadi hal yang wajib dipelajari. Dalam dunia bisnis pun, perlahan semua harus dapat beradaptasi menjualkan produknya melalui internet seperti dari social media, website, endorsement, sampai e-commerce. Tentu semua itu hanyalah sebuah tools untuk mencapai tujuan bisnis yang membutuhkan sebuah strategi marketing di dalamnya.

Hal paling mendasar untuk membuat strategi digital marketing adalah mengetahui istilah-istilah yang dipakai dalamnya. Tentu kamu tidak mau kan memiliki perbedaan perspektif hanya karena perbedaan istilah. Apalagi kalau bisnismu baru mau terjun ke dunia digital marketing, penting untuk mengenal istilah-istilah digital marketing. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Berikut adalah istilah-istilah digital marketing yang perlu kamu ketahui!

Metrics

Sebelum mengenal istilah lainnya, kenali dulu yang satu ini. Metrics adalah istilah penyebutan alat ukur untuk mengetahui sebuah goals. Misalnya goals digital marketing-mu adalah Reach, Impression, dan lain sebagainya. Hal ini disebut metrics! Jangan sampai kebingungan jika ditanya metrics-mu apa yah.

Reach

Reach adalah metrics yang mengukur jumlah orang atau audiens yang melihat suatu konten. Jadi dalam social media, yang dihitung adalah berapa banyak akun yang melihat kontenmu. Kuncinya di kata melihat, jadi belum tentu berinteraksi.

Impression

Impression adalah metrics yang mengukur jumlah tayangan suatu konten atau mudahnya, berapa kali suatu konten dilihat. Terdengar mirip dengan Reach yang sama-sama melihat yah? Cara membedakannya Impression dan Reach adalah dari pengukurannya, jadi satu orang bisa melihat suatu konten yang sama berkali-kali. Contoh suatu konten memiliki Reach 1 akun dan Impression sebanyak 2x, artinya konten itu telah sampai pada 1 orang dan orang tersebut telah melihat konten itu sebanyak 2x. Kuncinya: biasanya jumlah Impression pasti lebih banyak dibandingkan Reach.

USP

USP merupakan singkatan dari Unique Selling Proposition atau sebuah keunikan dari suatu produk yang biasanya tidak dimiliki oleh kompetitor. Hal ini bisa juga mengacu pada keunggulan dan value dari suatu produk atau bisnis. Seperti namanya, USP menjadi suatu pembeda antara suatu produk dengan produk lainnya. Dalam pembuatan suatu konten, seringkali USP menjadi suatu topik utama yang terus menerus dibahas agar audiens ingat.

CTA

CTA atau singkatan dari Call-to-Action merupakan sebuah panggilan atau ajakan pada audiens untuk melakukan suatu tindakan yang diinginkan oleh pembuat konten. Bentuk CTA pun bermacam-macam, tidak hanya sampai di website aja, tetapi juga pada konten social media. Kamu bisa mempelajari fungsi CTA lebih lanjut di artikel sebelumnya ya.

CPC

CPC atau singkatan dari Cost Per Click adalah perhitungan biaya iklan yang diperlukan untuk mendapatkan satu klik. Jadi nantinya akan ditotal dari total klik audiens pada suatu iklan berapa biayanya. Ini mempengaruhi budget yang kamu miliki.

CTR

CTR atau singkatan dari Click Through Rate adalah sebuah persentasi jumlah pengunjung yang  klik sebuah tautan yang berasal dari halaman lain. Biasanya CTR digunakan untuk melihat sejauh mana iklan yang kamu pasang. Semakin tinggi CTR atau rasio klik tayangnya, maka semakin sukses iklan tersebut.

KOL

KOL atau singkatan dari Key Opinion Leader merupakan seseorang yang memiliki pengaruh atau keahlian yang dipercaya oleh para followersnya atau audiensnya. Umumnya KOL datang dari kalangan public figure, influencer, atau pakar di suatu bidang khusus dapat membantu sebuah brand dalam mencapai tujuannya. Lebih dalam pelajari tentang KOL, bisa diklik di sini.

SEO

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization merupakan suatu strategi atau upaya yang bertujuan membuat suatu website mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google secara organik. Pelajari lebih lanjut tentang SEO di sini.

SEM

SEM atau singkatan dari Search Engine Marketing merupakan suatu strategi atau upaya yang bertujuan membuat suatu website mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google dengan menggunakan iklan. Apa saja kelebihan SEM dibandingkan SEO? Kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut di sini.

Sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah digital marketing yang perlu kamu ketahui dan pelajari. Setiap istilah yang telah disebutkan di atas dapat mempengaruhi strategi digital marketing apa yang ingin kamu ambil. Biar kamu tidak pusing lagi, kamu bisa mulai konsultasikan strategi digital marketing apa yang ingin kamu capai pada MicroAd Indonesia loh. Yuk konsultasi sekarang!