Kenali Apa Itu Visual Search dan Manfaatnya

 Kenali Apa Itu Visual Search dan Manfaatnya

 Di masa kini teknologi internet semakin berkembang. Hal ini dapat dilihat dari inovasi terkini yang dapat memudahkan pencarian di internet. Teknologi terbaru terkini yang satu ini dinamakan visual search, dengan adanya teknologi ini memudahkan orang untuk melakukan pencarian dengan lebih efisien dan lebih mudah. Saat ini juga teknologi visual search telah digunakan oleh banyak perusahaan seperti Pinterest, Amazon, Google dsb nya untuk memudahkan proses pencarian.

Lantas apakah itu visual search? lebih lanjut kamu dapat simak pemahamannya di bawah ini.

Jadi, Apa Itu Visual Search?

Secara definisi, visual search dapat diartikan sebagai perkembangan teknologi yang berasal dari Artificial Intelligence yang dapat memudahkan untuk melakukan pencarian di internet hanya dengan cukup menggunakan foto atau gambar.

Hal ini cukup berbeda dengan pencarian secara visual pada umumnya, pencarian menggunakan gambar pada umumnya menggunakan Google Search Image. Dengan cukup menggunakan kata kunci dan klik pencarian dari foto hasil pencarian yang ada. Lain halnya dengan visual search, kita hanya cukup menggunakan foto untuk melakukan pencarian. 

Nah, teknologi visual search ini semakin banyak digunakan khususnya di marketing untuk memudahkan sistem pencarian lebih terintegrasi.

Tidak hanya efisien, visual search juga memiliki manfaat lain di antaranya sebagai berikut, yakni

Manfaat Visual Search

Meningkatkan traffic pada marketing menggunakan influencer

Maksimalkan campaign dan aktivasi kegiatan marketing dengan menggunakan influencer.

Sebagai contoh, kini semakin banyak brand yang bekerjasama menggunakan influencer. Seperti affiliate marketing, misalnya. Ketika seorang influencer mempromosikan produk dari brand, pengguna dapat dengan mudah mencari produk tersebut melalui foto yang ada.

Hal ini dapat menjadi solusi bagi brand untuk lebih efisien bagi para audiens dari influencer untuk melakukan pencarian produk.

Memaksimalkan Penggunaan SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan unsur marketing yang begitu bermanfaat. Pengaplikasian visual search melalui SEO sangat dimungkinkan, karena dapat diintegrasikan melalui digital marketing.

Melalui visual search, sistem pencarian dapat lebih mudah untuk menginterpretasikan tag melalui pencarian dengan gambar melalui tagging.

Memudahkan Pencarian di Shoppable Content

Bagi user, saat melihat influencer mempromosikan suatu produk, seringkali kita penasaran jika produk tersebut tidak memuat informasi yang ada seperti detail toko produk dan harga.

Dengan visual search dapat memudahkan pencarian shoppable content untuk melakukan transaksi berbelanja.

Jadi bagaimana apakah kamu tertarik menggunakan visual search?