Konsep Agile Working di Dunia Kerja

 Konsep Agile Working di Dunia Kerja

Bekerja secara efisien tentunya merupakan hal yang dibutuhkan, agar memaksimalkan produktivitas.

Di dunia kerja, agar tujuan kerja dapat tercapai, tentunya membutuhkan metode yang terbaik bagi karyawan dan team.

Dibutuhkan kerjasama yang baik, dan konsep sistem kerja yang utuh.

Saat ini, agile working menjadi salah satu metode yang dikenali efisien dan efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Jadi, Apa Itu Agile Working?

Agile working, merupakan salah satu konsep yang dapat meningkatkan produktivitas kerja bagi karyawan.

Hal ini dikarenakan dengan kerja agile dapat mengubah bagaimana pola pikir karyawan mengenai  proses bekerja dan pekerjaan dan membantu membentuk pola pikir kesejahteraan dan mencapai tujuan yang lebih besar di tempat kerja.

Agile working, merupakan konsep kerja yang menyatukan teknologi, digital, sehingga karyawan dapat bekerja dari mana saja yang mereka inginkan, dan membentuk pola kebebasan hak bekerja.

Dengan membebaskan konsep bekerja, hal ini akan menimbulkan sensasi terbaik dan mendorong produktivitas dan inovasi bagi karyawan dalam bekerja.

Melalui agile working, pekerja difasilitasi seperti dengan fasilitas yang memadai, ruangan kerja yang terbuka, nuansa furniture kerja yang bergaya kasual, area break istirahat yang santai dan terkemuka dan ruang interaksi kerja yang menyenangkan.

Hal ini dilakukan agar terciptanya rasa nyaman yang menumbuhkan inovasi dan kreasi bagi para pekerja untuk dapat berbagi ide dan gagasan. 

Manfaat Penerapan Agile Working Bagi Pekerja dan Karyawan

Dengan adanya kerja agile, tentunya adalah fleksibilitas, bukan tidak dimungkinkan adanya work life balance dengan penerapan sistem kerja agile.

Melalui agile working, karyawan pekerja dapat memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk keluarga dan kehidupan sosial sehari-hari.

Agile working juga memungkinkan karyawan dapat lebih terorganisir, terutama dalam penentuan waktu kerja yang diinginkan secara efisien.

Sehingga karyawan dapat bekerja dengan tidak hanya sekedar optimal, namun bekerja secara cerdas.

Manfaat Adanya Agile Working Bagi Perusahaan

Melalui adanya agile working bagi perusahaan, sebuah perusahaan memungkinkan untuk efisiensi dari segi karyawan, baik dari pengeluaran cost, karena karyawan dapat bekerja dari mana saja, tidak harus di kantor.

Selain itu juga dapat menumbuhkan kebebasan yang menuju pada kreasi dan inovasi bagi karyawan, sehingga memunculkan ide-ide segar dan baru yang dapat meningkatkan awareness bagi perusahaan.

Agile working juga membuat branding yang baik bagi perusahaan, karena umumnya jika sebuah perusahaan memberikan nilai culture yang menyenangkan, penuh kebebasan dan memberikan ruang tumbuh bagi perusahaan, bukan tidak mungkin karyawan akan memberikan umpan balik dan promosi melalui khalayak umum.

Konsep agile working tidaklah hanya sekedar metode, namun merupakan cara baru dan gagasan inovasi yang akan membawa sebuah perubahan bagi kemajuan perusahaan.

Jasi, bagaimana apakah perusahaan mu tertarik untuk menerapkan agile working?