Mengapa Berpikir Kreatif Menjadi Softskill yang Penting di Era Sekarang

 Mengapa Berpikir Kreatif Menjadi Softskill yang Penting di Era Sekarang

Di era saat ini, memiliki pola pikir inovatif dan kreatif sangat membantu untuk menemukan ide-ide segar baru. Dalam suatu perusahaan dan di jaman yang cukup cepat ini sangat perlu kemampuan berpikir kreatif untuk membuat inovasi-inovasi yang membuat perusahaan tidak stagnan dan tertinggal.

Cara umum untuk mendapatkan ide-ide segar dan baru melalui cara berpikir kreatif, dapat ditemukan melalui aktivitas brainstorming.

Brainstorming bersama rekan dan kelompok, berdiskusi secara singkat dapat membantu untuk menemukan visualisasi ide yang kuat dan baik. Tidak hanya menemukan ide kreatif, namun dengan brainstorming juga mampu memberikan stimulus untuk mendapatkan strategi yang baik untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan ide kreatif.

Kenali, Jenis-jenis Creative Thinking

Pada umumnya, dalam membangun kerangka berpikir kreatif, terdapat jenis-jenisnya tersendiri. Ada apa saja? Simak disini lengkapnya.

Pemikiran Konvergen, memiliki pendekatan untuk berpikir kreatif secara logis. Dengan konvergen, solusi dapat dengan mudah dipecahkan dengan mengumpulkan fakta akurat dan menjadikannya inovasi dan solusi kreatif.

Pemikiran Inspirasional, memiliki metode memecahkan masalah dengan cara fokus untuk bervisualisasi lewat skenario kasus terbaik.

Pemikiran Estetis, mempunyai cara yang unik yakni memecahkan masalah melalui sisi estetika keindahan dan nilai yang ada.

Pemikiran Divergen, memberikan solusi melalui sesuai brainstorming. Diskusi melalui imajinasi dan berpikir untuk menemukan solusi sebanyak mungkin.

Pemikiran Lateral, memiliki pendekatan di luar dari pola pikir yang biasanya. Masalah dipecahkan dengan metode yang berbeda dengan perspektif yang lain.

Manfaat dan Pentingnya Berpikir Secara Kreatif

Pola pikir kreatif merupakan salah satu soft skill yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar dalam mencari sumber daya manusia. Melalui kemampuan berpikir kreatif dapat membuat Anda untuk perform lebih stand out khususnya di lingkup dunia karier.

Tidak hanya berpikir kritis dan fokus, dengan berpikir kreatif akan membantu Anda untuk memecahkan masalah lebih baik, mengasah rasa keinginan untuk ingin tahu lebih dalam, mengalirkan jiwa kreatif secara alamiah, strategi untuk memberikan solusi pada suatu masalah untuk di dunia karier dan berbagai industri.

Saat menggunakan cara berpikir kreatif yang optimal, akan membantu untuk mengidentifikasi masalah dari berbagai sudut pandang secara efektif.

Seperti contohnya, dengan berpikir secara konvergen atau analitis dapat membantu untuk mengetahui akar dari permasalahan yang ada.

Lain halnya contoh lain, dengan pemikiran konvergen dapat membantu untuk menemukan solusi baru dalam memecahkan masalah.

Dengan berpikir kreatif juga akan membantu untuk menangani projek lebih optimal dan efisien, seperti permasalahan anggaran, waktu dan sumber daya manusia. Permasalahan tersebut dapat teratasi dengan adanya pola pikir kreatif, membuat sesuatu menjadi lebih maksimal dengan upaya minimal yang efisien.